Berita
Lokakarya Kediklatan “URGENSI PENINGKATAN KAPASITAS WIDYAISWARA DAN PENYELENGGARA DALAM RANGKA PENJAMINAN MUTU DIKLATPIM”
19 Februari 2016 - Jumlah Dilihat: 135
 
 

Kepemimpinan dalam sebuah organisasi mutlak diperlukan agar organisasi dapat berjalan terarah dan mencapai tujuan. Pejabat struktural sebagai pemegang peran kepemimpinan pada instansi pemerintah memiliki peran strategis dalam menciptakan pemerintahan yang baik dan sesuai dengan visi yang ingin dicapai. Untuk menciptakan pemerintahan yang baik,  efisien dan efektif dalam penyelenggaraannya tentunya setiap aparatur dan pejabat  pada setiap instansi pemerintah harus mampu bekerja secara profesional. Pejabat strukural eselon I harus memiliki kompetensi kepemimpinan yang memenuhi standar jabatan struktural eselon di lingkungannya. Begitu pula untuk pejabat struktural eselon II, III, dan IV. Tanpa memenuhi standar kompetensi kepemimpinan ini, kondisi sistematis dan sinergis ini sulit dicapai.

Untuk memenuhi standar kompetensi kepemimpinan tersebut, rancang bangun kurikulum Diklat Kepemimpinan dengan pola baru telah menetapkan fokus kompetensi pada masing-masing jenjang jabatan struktural. Fokus ditetapkan dengan mempertimbangkan terlebih dahulu keberadaan setiap intansi pemerintah baik di pusat maupun di daerah. Setiap Kementerian,  Lembaga Pemerintah non Departemen dan Sekretariat Lembaga Negara, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, dan Pemerintah Kota dipandang sebagai suatu entitas lembaga yang “berdiri sendiri”, dimana didalam terdapat dua proses penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, yaitu proses perumusan kebijakan publik dan proses pelaksanaan pelayanan publik sesuai sektor masing-masing. 

Agar menghasilkan lulusan peserta diklat yang berkualitas maka diperlukan proses penjaminan mutu diklat sehingga diklat yang diselenggarakan dapat sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan, selain daripada itu diperlukan pula kualitas Widyaisawara yang mumpuni dalam menjalankan tugas baik dalam hal mengajar ataupun sebagai fasilitator dalam sebuah diklat.  Dalam rangka meningkatkan kemampuan para widyaiswara, fasilitator dan penyelenggara dalam melakukan penyelenggaraan diklat, Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur I Lembaga Administrasi Negara RI menyelenggarakan Lokakarya Kediklatan yang bertemakan Urgensi Peningkatan Kapasitas Widyaiswara dan Penyelenggara dalam rangka Penjaminan Mutu Diklatpim.

Adapun Tujuan diselenggarakannya lokakarya ini adalah  untuk meningkatkan proses penjaminan mutu diklat oleh penyelenggara diklat dan upaya-upaya dalam penguatan kapasitas widyaiswara, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan diklat. Pembicara pada lokakrya ini  adalaha Drs. Adi Suryanto, M.Si (Kepala LAN RI), Dr. M Idris, M.Si (Deputi Diklat Aparatur), Plt. Kepala BSN, Dra. Armi Winarti, M.Si (Kapusbin WI), Drs. Desi Fernanda, M.Soc.Sc. (widyaiswara Utama), Dr. Tri Widodo, WU, MA (Deputi Inovasi), Dra. Purwastuti, MBA. (Kapus KAN) dan Juga Narasumber dari Badan- Badan DIklat di Wilayah Jabanubati. Kegiatan ini dihadiri oleh 75 peserta dari Badan DIklat Provinsi, Kabupaten dan Kota juga BKD Se-Jabanubati.

 

 

 
LOGIN BADAN/LEMBAGA